Mengontrol Badan Agar Tetap Stabil Kala Hamil

Di postingan ini kami akan ulas seputar Mengontrol Badan Agar Tetap Stabil Kala Hamil. Bagi ibu-ibu hamil, hal yang paling utama ialah kesehatan, lebih-lebih janin dalam kandungan. Karena wanita hamil umumnya, membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang lebih untuk sang calon bayi. Tak heran, porsi makanan yang lazimnya normal bertambah jadi dua kali lipat atau bahkan lebih. Itu pun masih ditambah makanan lain rekomendasi dokter atau makanan yang emang dibutuhkan oleh si ibu sendiri.

 Mengontrol Badan Agar Tetap Stabil Kala Hamil

Di samping makanan, ibu yang sedang hamil cepat merasa lelah sehingga kerap mendapat perlakuan spesial dari suami maupun anggota keluarga, yakni engga mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Hal yang wajar tentu mengingat sang ibu tengah berbadan dua sehingga perlakuan istimewa itu sungguh-sungguh meringankan tugas dan tanggung jawab ibu mengurus rumah tangga.

Mengontrol Badan Agar Tetap Stabil Kala Hamil

Bukan itu saja. Bahkan, ada pula sebagian suami yang saking sayangnya pada istri, sampai ga tega melihat sang istri melakukan pekerjaan apapun karena takut terjadi sesuatu. Karenanya, ga sedikit dari mereka yang sengaja menyewa tenaga asisten untuk mengurus pekerjaan rumah tangga. Sebab tak lagi melaksanakan pekerjaan rumah tangga, karenanya ibu hamil mengisi waktunya dengan makan, bersantai, ngemil, rehat, demikian seterusnya.

Oleh karena kegiatan wanita hamil yang cuma sedikit, selang beberapa waktu, berat badannya meningkat drastis. Padahal, yang namanya ibu hamil, di samping makanan yang diperhatikan, juga penting untuk mengelola badan tetap ideal. Mungkin akan terdengar lucu untuk teman-teman semua mendengar bahwa wanita hamil patut mengontrol badan tetap ideal. Karena, secara logika, wanita yang tengah hamil, berat badannya pasti di luar normal. Jadi, enggak mungkin wanita hamil mempunyai badan yang ideal.

Mengontrol Badan Agar Tetap Stabil Kala Hamil

Jikalau kalian menilai berat badan ideal di sini sama seperti wanita ‘normal’ pada umumnya, itu salah besar. Seperti yang sudah disebut di atas, ga ada wanita hamil yang berat badannya normal seperti dikala ia kagak hamil dan emang begitulah realnya. Yang dimaksud ideal disini tentu merujuk pada berat badan ideal bagi ibu hamil, adalah berkisar antara 45 kg – 65 kg. Sedang buat BMI (Body Mass Index) bagi ibu hamil antara 18,5 – 24,9.

Artinya, walaupun sedang hamil, benar-benar disarankan bagi ibu hamil untuk tetap merawat bobotnya tetap normal. Hal ini bukan semata-mata buat menjaga penampilan saja, melainkan demi kepentingan kesehatan.

Mengontrol Badan Agar Tetap Stabil Kala Hamil

Berikut ini terdapat empat metode bagaimana agar ibu hamil dapat merawat berat badan tetap ideal.

1. Sering Makan Tetapi dalam Porsi Kecil

Seorang wanita hamil sangat disarankan untuk sering makan tetapi mesti dikendalikan porsi makannya. Kala ibu hamil makan harus dalam porsi yang kecil. Ini dilaksanakan agar seorang ibu hamil tetap terkontrol gizinya dengan sering makan. Tapi patut tetap dipertahankan porsinya supaya senantiasa berat badannya tetap ideal. Dalam keadaan hamil, kalian wajib selalu menjaga agar rasio BMI senantiasa ada di kisaran normal yakni sekitar 18,5 – 24,9.

Mengontrol Badan Agar Tetap Stabil Kala Hamil

2. Ngidamlah Sesuatu yang Baik

Tatkala istri atau kalian sendiri yang sedang hamil pasti bakal mendapati yang namanya ngidam, apalagi kalau itu kehamilan yang pertama kali. Ngidam untuk ibu hamil ialah sesuatu hal yang wajar dan lumrah. Dalam kondisi ngidam lazimnya wanita hamil akan minta sesuatu yang patut dipenuhi dan terkadang permintaan itu aneh-aneh. Selain aneh permintaan dikala wanita hamil ngidam kadang-kadang tanpa melihat situasi dan kondisi, umpamanya malam-malam minta rujak atau es krim.

Memang waktu wanita hamil ngidam, segala permintaan semestinya dipenuhi. Tetapi kawan-kawan semua yang lagi hamil sepatutnya ngidam sesuatu yang bagus-bagus. Hal ini bermanfaat untuk diri sendiri dan juga bayi yang dikandung. Jangan sampai karena semua permintaan ketika ngidam patut dipenuhi, malah meminta hal-hal yang justru bakal membahayakan kesehatan janin.

Mengontrol Badan Agar Tetap Stabil Kala Hamil

3. Hindari Kondisi Overweight

Overweight yakni suatu kondisi dimana berat badan seseorang di atas keadaan normal atau dapat disebut kelebihan berat badan. Untuk wanita yang sedang hamil, overweight ini benar-benar berbahaya untuk diri sendiri dan juga janin yang ada dikandungan. Di antara risiko yang akan terjadi sekiranya teman-teman semua mengalami overweight dalam situasi hamil yakni diabetes, tekanan darah tinggi, pembekuan darah, pendarahan hebat dikala persalinan dan banyak lagi.

Maka dari itu, kamu yang sedang dalam keadaan hamil semestinya senantiasa menjaga pola makan dengan gizi yang seimbang agar badan tetap ideal dan dapat terhindar dari overweight. Tetapi hal ini bukan berarti mesti diet mati-matian karena ibu hamil tetap mesti makan yang cukup agar kesehatan bayi dalam kandungan tetap terjaga.

Mengontrol Badan Agar Tetap Stabil Kala Hamil

4. Sibukkan Diri dengan Tugas-Tugas Ringan

Ketika hamil usahakan selalu melaksanakan kesibukan sehari-hari. Pekerjaan-pekerjaan yang dijalankan jangan yang terlalu berat namun yang ringan-ringan saja seperti menyapu, mencuci piring dan banyak lagi. Kesibukan seorang ibu yang sedang hamil dengan aktivitas-aktivitas yang ringan ini secara enggak langsung akan ikut serta membantu membakar kalori dan lemak berlebih dalam tubuh. Di samping itu tugas ringan yang dijalankan ini bakal amat sangat membantu dalam melancarkan kala proses persalinan atau kelahiran bayi teman-teman semua.

Demikian info perihal Mengontrol Badan Agar Tetap Stabil Kala Hamil, semoga post kali ini berguna untuk Anda. Mohon artikel ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Related Posts

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.