Mengontrol Tubuh Ideal Ketika Hamil Normalkah?

Di postingan ini kami akan ulas perihal Mengontrol Tubuh Ideal Ketika Hamil Normalkah?. Bagi ibu hamil, hal yang paling utama adalah kesehatan, terlebih janin dalam kandungan. Sebab ibu hamil rata-rata, membutuhkan asupan gizi & nutrisi yang lebih buat sang janin. Gak heran, porsi makanan yang rata-rata normal bertambah jadi dua kali lipat atau malahan lebih. Itu juga masih ditambah makanan lain saran dokter atau makanan yang emang diinginkan oleh si ibu sendiri.

Mengontrol Tubuh  Ideal Ketika Hamil Normalkah?

Selain makanan, wanita yang sedang hamil cepat merasa lelah sehingga sering kali mendapatkan perlakuan istimewa dari suami maupun anggota keluarga, yaitu tidak mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Hal yang wajar tentu mengingat sang ibu tengah berbadan dua sehingga perlakuan spesial itu sangat meringankan tugas dan tanggung jawab ibu mengurus rumah tangga.

Mengontrol Tubuh Ideal Ketika Hamil Normalkah?

Bukan hanya itu. Malah, ada pula sebagian suami yang saking sayangnya pada istri, hingga kagak tega melihat sang istri menjalankan pekerjaan apapun sebab takut terjadi sesuatu. Karenanya, ga sedikit dari mereka yang sengaja menyewa tenaga asisten buat mengurus tugas rumah tangga. Sebab kagak lagi mengerjakan tugas rumah tangga, maka ibu hamil mengisi waktunya dengan makan, bersantai, ngemil, rehat, demikian seterusnya.

Karena kegiatan ibu hamil yang hanya sedikit, selang beberapa waktu, berat badannya meningkat drastis. Padahal, yang namanya ibu hamil, di samping makanan yang diperhatikan, pun penting untuk memelihara badan tetap ideal. Mungkin terdengar lucu bagi teman-teman semua mendengar bahwa ibu hamil patut mempertahankan badan tetap ideal. Sebab, secara logika, wanita yang tengah hamil, berat badannya pasti di luar normal. Jadi, kagak mungkin wanita hamil punya badan yang ideal.

Mengontrol Tubuh Ideal Ketika Hamil Normalkah?

Apabila kamu memperkirakan badan ideal di sini sama seperti wanita ‘normal’ pada umumnya, itu salah besar. Seperti yang telah disebut di atas, kagak ada wanita hamil yang berat badannya normal seperti tatkala ia tak hamil dan emang begitulah realitanya. Yang dimaksud ideal di sini tentu merujuk pada berat badan ideal bagi wanita hamil, ialah berkisar antara 45 kg – 65 kg. Sedangkan untuk BMI (Body Mass Index) bagi wanita hamil antara 18,5 – 24,9.

Artinya, meskipun sedang hamil, sungguh-sungguh direkomendasikan bagi para ibu hamil untuk tetap mengendalikan bobotnya tetap normal. Hal ini bukan semata-mata untuk menjaga penampilan aja, tapi demi kepentingan kesehatan.

Mengontrol Tubuh Ideal Ketika Hamil Normalkah?

Berikut ini terdapat 4 trick gimana agar wanita hamil bisa merawat tubuh tetap ideal.

1. Sering Makan Tetapi dalam Porsi Kecil

Seorang wanita hamil sangat direkomendasikan untuk sering makan tapi harus dilihat porsi makannya. Saat ibu hamil makan wajib dalam porsi yang kecil. Ini dikerjakan biar seorang wanita hamil tetap terkontrol nutrisinya dengan sering makan. Akan Tetapi sepatutnya tetap dikontrol porsinya agar senantiasa berat badannya tetap ideal. Dalam kondisi hamil, kalian patut senantiasa mengontrol agar rasio BMI selalu berada di kisaran normal yakni sekitar 18,5 – 24,9.

Mengontrol Tubuh Ideal Ketika Hamil Normalkah?

2. Ngidamlah Sesuatu yang Baik

Waktu istri atau kamu sendiri yang sedang hamil pasti bakal menemui yang namanya ngidam, apalagi seandainya itu kehamilan yang pertama kali. Ngidam untuk wanita hamil adalah sesuatu hal yang wajar dan lumrah. Dalam keadaan ngidam lazimnya wanita hamil bakal minta sesuatu yang kudu dipenuhi dan kadang kala permintaan itu aneh-aneh. Selain aneh permintaan saat wanita hamil ngidam kadang-kadang tanpa memperhatikan situasi dan kondisi, semisal malam-malam meminta rujak atau es krim.

Memang dikala ibu hamil ngidam, seluruh permintaan kudu dipenuhi. Tapi kalian yang sedang hamil harus ngidam sesuatu yang baik-baik. Hal ini berkhasiat untuk diri sendiri dan juga janin yang ada dikandungan. Jangan sampai karena segala permintaan kala ngidam wajib dipenuhi, malah meminta hal-hal yang justru bakal berbahaya kesehatan janin.

Mengontrol Tubuh Ideal Ketika Hamil Normalkah?

3. Hindari Keadaan Overweight

Overweight yakni suatu situasi dimana berat badan seseorang di atas keadaan normal atau dapat disebut kelebihan berat badan. Bagi wanita yang sedang hamil, overweight ini betul-betul berbahaya bagi diri sendiri dan juga janin yang dikandung. Di antara risiko yang bakal terjadi jika kamu mengalami overweight dalam kondisi hamil yaitu diabetes, tekanan darah tinggi, pembekuan darah, pendarahan hebat waktu persalinan dan banyak lagi.

Maka dari itu, sahabat semua yang sedang dalam kondisi hamil semestinya selalu memelihara pola makan dengan nutrisi yang berimbang biar badan tetap ideal dan dapat terhindar dari overweight. Namun hal ini bukan berarti mesti diet mati-matian sebab ibu hamil tetap kudu makan yang cukup supaya kesehatan bayi dalam kandungan tetap terjaga.

Mengontrol Tubuh Ideal Ketika Hamil Normalkah?

4. Sibukkan Diri dengan Kesibukan-Kesibukan Ringan

Saat hamil usahakan senantiasa menjalankan tugas-tugas sehari-hari. Aktivitas-aktivitas yang dikerjakan jangan yang terlalu berat tetapi yang ringan-ringan saja seperti menyapu, mencuci piring dan masih banyak yang lainnya. Kesibukan seorang wanita hamil dengan tugas yang ringan ini secara enggak langsung bakal ikut serta membantu membakar kalori dan lemak berlebih dalam tubuh. Di samping itu tugas ringan yang dilakukan ini akan amat sangat membantu dalam melancarkan waktu proses persalinan atau kelahiran bayi kalian.

Sekian info tentang Mengontrol Tubuh Ideal Ketika Hamil Normalkah?, semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kalian. Tolong post ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Related Posts

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.